Monday, August 17, 2009

Skripsi: KATA PENGANTAR

Since i may not reach all people who have been very generous in helping to realize my thesis.. i am posting the preface of my thesis in order to reach these kind and very supportive people and express my deepest thank you... May God presents you with blessings in every step and decision you all take.. :)

KATA PENGANTAR

Segala puji dan rasa syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala daya dan kekuatan yang telah diberikanNya kepada penulis karena hanya dengan daya dan kekuatan tersebutlah skripsi ini dapat lahir. Rasa syukur juga saya panjatkan atas setiap berkah, kemudahan serta cobaan yang telah Allah SWT dengan penuh kasih sayang berikan kepada penulis selama proses penyusunan skripsi ini. Salawat serta salam juga penulis haturkan kepada Kekasih Allah, Nabi Muhammad SAW, yang perjuangannya bersama keluarga serta sahabat beliau selalu memberikan inspirasi, kekuatan serta keikhlasan lahir dan batin kepada penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
Penulis sangat menyadari bahwa skripsi ini tidaklah sempurna. Oleh karena itu, penulis sangat berterimakasih atas kritik serta saran yang diberikan kepada penulis dalam penyelesaian maupun setelah skripsi ini berhasil diajukan dalam sidang skripsi. Penulis berharap agar skripsi ini dapat menjadi kontribusi pertama penulis dalam dunia akademik Indonesia dan insya Allah dapat mengawali kontribusi dan sumbangan lebih besar dan banyak lagi pada Indonesia dan dunia.
Dalam proses pembuatan dan sidang skripsi ini, penulis menerima banyak sekali bantuan, support serta kekuatan lahir dan batin. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis bermaksud untuk menyampaikan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada:
1. Bapak Dr. M. Chatib Basri selaku pembimbing skripsi yang ditengah kesibukan dan tugas-tugas negara yang beliau jalankan tetap meluangkan waktu, tenaga, pikiran serta perhatian kepada penulis. Beliau bukan hanya telah membantu dalam membuka cakrawala berpikir penulis dalam bidang ilmu ekonomi namun juga telah menstimulus rasa kritis serta analisa yang dalam dan objektif dalam melihat berbagai hal yang ada dalam kehidupan manusia sehari-hari dan kehidupan bermasyarakat.
2. Bapak Arianto Arif Patunru Ph. D dan Ibu Dewi Ratna Sjari, S.E., M.Si. selaku ketua penguji dan penguji dalam sidang skripsi dan sidang komprehensif yang telah meluangkan waktu untuk menguji penulis. Penulis juga sangat berterimakasih atas bimbingan dan arahan yang masih terus diberikan bahkan di saat sidang dilakukan. Selain itu, penulis sangat terharu atas segala masukan yang diberikan dan juga komplimen yang bahkan penulis tidak menyangka akan dapat menerima komplimen sebesar itu dari dua orang dosen terfavorit penulis selama kuliah di FEUI.
3. Papa, Dr. Ir. Mara Oloan Siregar MS.i, dan Mama, Ir. Ade Dermawan Nasution MM. yang sangat penulis cintai. Sepertinya rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya ini tidak akan sebanding dengan setiap doa yang telah dihaturkan. Penulis sangat menyadari bahwa doa mereka lah yang selama ini telah melindungi penulis serta memperlancar berkah yang Allah SWT telah siapkan. Papa dan Mama telah memberikan pengertian yang luas, dorongan dan kekuatan yang tiada henti serta cinta yang tak terhingga sehingga penulis bisa mencapai tangga kehidupan ini. Semoga skripsi serta kelulusan Kiki bisa memberikan kebahagiaan di hati Papa dan Mama serta dapat memercikkan tambahan rasa tenteram di jiwa Papa dan Mama.
4. My dearest sister, Aisyah Rahmarani S.H. yang telah menjadi saudara perempuan sekaligus sahabat terbaik. I thank God for our beautiful sisterhood. I keep being surprised that I still collect more and more treasures from our relationship and I thank you for that deeply. You have been an inspiration, strength and my rock through easy and difficult circumstances. I pray for all blessings surround us and I pray for all blessings, love, and happiness fulfill you surround and within. I love you sissy… :)

5. My dearest brother, Ibrahim Siregar. You are my greatest inspiration J. I look up to you on your perseverance, determination, and surrender. You are brilliant and enriched with such a beautiful heart. They are qualities that not all people are blessed with. I am sure that you can reach all your dreams. I pray for all strength, health, love and happiness to be with every step and every breath you take. I love you :)

6. Seluruh keluarga besar dari sisi Siregar: Ompung Menek, Uwak Panti dan keluarga, Uda Ali, Uda Ipin,, Nanguda Rina, Keluarga Alm. Uda Daulat, Keluarga Alm. Uda Maris, Bou Saleha dan kel., Bou Intan dan kel., Bou Sariani dan kel., Bou Anni dan kel., Amangboru-Amangboru, Abang-Abang, Kakak-Kakak, Amangboru Rahmat dan keluarga, Adik-adik semuanya atas doa yang telah dipanjatkan dan dukunganya.

7. Seluruh keluarga besar dari sisi Nasution; Uwak Lena dan kel., Uwak Bulan dan kel., Uwak Tanjungsari dan kel., Uwak Jani dan kel., Kak Irma dan Bang Fatah, Ibu Ijah dan kel., Keluarga Alm. Tulang Nazar, Keluarga Alm. Tulang Nilwan, Keluarga Tulang Rusli, Keluarga Tulang Rizal, Abang-abang, dan Kakak-kakak atas doa yang telah dipanjatkan serta support yang tak terhingga.

8. Familie Pielke: Mama Barbara, Werner, Gabriel und Jessica, Magnus und Katrin und die ganze Familie Pielke und Baumeister. Ich habe euch wirklich geliebt. Danke fuer alle Bete, alle Liebe, alle Umarmungen. Ich habe sehr grosse Glueck dass ich eure Tochter bin. Danke fuer immer da sein.. Danke fuer immer mich hoeren, Danke fuer immer an mich glauben. Ihr seid mein Kraft :)

9. Mbak Odah, Mbak Prapti, Bang Anggi dan Bang Angga yang juga telah memberikan doa, dukungan dan bantuan serta kesabaran yang luas dan besar dalam membantu penulis menyelesaikan berbagai tugas dan keperluan.

10. Rivana Mezaya, sahabat penulis. Terimakasih atas bertahun-tahun persahabatan yang telah dibangun. Keep inspiring the world, Mez... the world is a better world because of the positivity you always diffuse from your heart. Thank you for all support, strength, and caress you always give, and thank you for always being there.

11. Arseto Adiputro atas kerelaannya memperbolehkan saya menjadikan ARS Studio dan kamarnya untuk jadi escape saya. Terimakasih banyak atas obrolan di atas balkon dengan udara malam Jakarta yang selalu dapat membangunkan semangat dan inspirasi segar. I am so proud of you! Look how far we’ve grown from two bunches of junior high kids who think they can realize everything they want. Dwi Rahmat Irfan atas perhatian yang tanpa henti diberikan, atas dukungan paling konkrit yang selalu dapat diandalkan, dan atas kelapangan hatinya dalam membantu (khusus untuk Irfan, ucapan terimakasih ini secara khusus diberikan oleh Kiki dan Meza :p). Rauf Firdausi Prasodjo dan keluarga Imam Prasodjo dan Gita Prasodjo yang selalu memberikan perhatian dan dukungan. Dan terimakasih banyak kepada teman-teman Pengurus OSIS SMA 8 Jakarta angkatan 38 yang telah menemani untuk terus berkembang.

12. Ira Febrianty, “couple”.. Terimakasih untuk semua-muanyaaaaa.. Thank you for being there through the bright and dark times.

13. Sebastian Richter, my everlasting best friend. Jetzt habe ich nicht nur Hoffnung aber auch Erwartung dass wir fuer immer Freunde bleiben. Vielen Dank fuer alles.

14. Teman-teman IE: Rhita, Lola, Karina, Tio, Gita, Ir, Nasti, Dila, Itank dan Sahabat IE: Ihu, Nisa, Sandy, dll. atas semua kebahagiaan yang telah dibagi an pertemanan yang membangun dan tulus; Adis, Cici, Heidy, Maber, Rani, Mete, Hanri, Anggita, Raya, Ronal, Eko, Banyu, Emon, Qisha, Iman, dan semua IE angkatan 2005 yang sayangnya tidak bisa disebutkan di sini atas pertemanan yang genuine dan perjuangan bersama yang selalu berkurang lelahnya karena dibagi bersama; Arman, Isa, Taufik, Hage dan Leon atas ide-ide, cara berpikir, kritik yang telah dibagi. It has been great “competing” and GROWING with you :)

15. Keluarga besar Bina Antarbudaya yang telah memberikan pemahaman akan manusia, masyarakat dan dunia dengan cantik dan manis. Tanpa berada dalam keluarga ini saya yakin dunia saya akan kering. Terimakasih atas setiap pembelajaran, setiap dukungan, setiap semangat, setiap senyuman, dan setiap pelukan yang selalu hadir tepat pada waktunya. Terimakasih banyak untuk Kak Arma yang telah menggunakan network dan “pengaruh”nya agar adiknya yang satu ini bisa bagus skripsi dan masa depannya, hehe.. Untuk Kak Anggi yang selalu membantu saya melihat dengan lebih jelas, untuk Kak Ano yang selalu akan mengerti, untuk Mbak Diar yang selalu membangunkan di kala saya terlalu terlena dalam skeptisisme, Kak Heidy dan Kak Elok yang selalu akan mendengar, dan yang pasti untuk Ninit, Riska, Rassi, Titis, Nisa, Alex, Rauf, Adnan, Mia, Nana, Amel, Dila dan seluruh indoafs2004 yang tanpa henti memberikan tempat di hati mereka serta dalam ruang dan waktu mereka, yang selalu akan menerima dengan keluasan dan kebebasan, yang senantiasa memberikan semangat, yang terus mengatakan setiap hal dengan jujur, yang tak pernah tidak memberi dengan ikhlas dan tanpa pamrih. I LOVE YOU all J. Terimakasih banyak untuk Indi atas pertemanan yang jujur dan supportif. Terimakasih banyak untuk Amri, Pamung, Patrya, Muji, Mario, Kak Ari, Kak Mayang, Nisa, dan semua teman-teman relawan Bina Antarbudaya yang terus mencerahkan semesta saya.

16. Mudita Ekapramono, thank you for every ‘mudita’ you generously share… I feel richer because of those treasures you share.

17. Keluarga besar gligligmanagitchu T-shirt Print Studio: Om Mardio, terima kasih atas doa dan kesediaannya untuk selalu mau mendengar celotehan saya serta atas nasihatnya untuk selalu tabah dan kuat; Kak Dani dan Kak Dadan atas pengertiannya yang luas, kesabarannya, pembelajaran serta dukungannya yang selalu diberikan; Kak Andi atas pertemanan dan perhatiannya; Nung atas keceriaan yang selalu dihadirkan dan perhatian yang tulus.

18. Putri “Uti” Indahsari atas pertemanan “cute student and cheerful teacher” yang selalu menyenangkan. Terimakasih untuk selalu mau mendengar dan memberikan komentar-komentar segar dan jujur. Thank you for colouring my routine Uti. I hope we can stay friends or student-teacher or sisters for long time ahead. I hope that you can excel and succeed. Saya juga sangat berterimakasih kepada Keluarga Chairul Tanjung atas kepercayaan yang telah diberikan, pengertian dan dorongan yang besar serta penerimaan dalam keluarga yang menyenangkan.

19. Teman-teman Tim Sukses “1 Luar Biasa!!!” yang telah mendukung saya ketika mengajukan diri menjadi Ketua Senat Mahasiswa FEUI tahun 2008: Riska (Campaign Manager), Farid-Ilal-Niken-Rangga-Pamung-Ringga (Campaign Team), dan Gema-Ferry-Stoki-Mala-Putri-Gita-Rhita-Cici-Irfan-dan masih banyak lagi yang telah banyak berkorban dan dengan tulus bersama saya menghadirkan energi positif di dunia politik FEUI. Terimakasih banyak atas kepercayaan yang diberikan serta kesempatan untuk menafasi idealisme bersama-sama. Banyak sekali pelajaran yang saya petik dari pengalaman tersebut, saya harap teman-teman juga banyak mendapatkan berkah dari pembelajaran yang kita temui selama berjuang maupun setelah perjuangan harus kita lanjutkan sendiri-sendiri. Salut tertinggi saya selalu saya berikan kepada teman-teman semua !
20. Mbak Rini di Departemen IE yang selalu ringan tangan untuk membantu bahkan mendengar berbagai curhatan di waktu senggang; Mbak Nanin dan Mbak Endang yang telah memberikan bantuan tanpa henti sejak kuliah di mulai hingga lulus; Mbak Kiki, Mbak Metri, Mas Sukri, Mas Dawam, dan teman-teman di Departemen IE atas berbagai bantuan dan dukungan yang telah diberikan.

21. Mbak Yetty yang selalu penuh perhatian membantu saya, Lola dan Adis agar dapat lancar mengatur waktu untuk bimbingan. Terima-kasih banyak atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan. Tanpa bantuan dan perhatian Mbak Yetty tentu skripsi kami tidak akan berjalan semulus ini.

22. Bapak Dhaniel Ilyas dan Bapak Kiki Verico yang telah membantu dalam mencek pola berpikir dan analisa serta kevalidan hasil penelitian. Semoga pak Dhaniel dan pak Kiki dapat sukses dalam program pendidikan doktor yang akan ditempuh sehingga dapat terus berkontribusi bagi kemajuan pendidikan Indonesia serta pembangunan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Terimakasih banyak juga untuk kak Gede atas bantuan yang telah diberikan.

23. Teman-teman dan semua pihak yang telah memberikan dukungan dan semangat hingga saya dapat terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi II FEUI tahun 2009. Terimakasih untuk Akew (Muhammad Isa) atas inspirasi dan semangat yang selalu ditularkan dan dipercayakan. Karena seperti kutipan berikut bilang: Menjadi juara bukan berarti puncak dari perjalanan profesi kita, tetapi awal dari bagaimana memanfaatkan prestasi untuk membangun bumi dan komunitas kita.

24. Freunde in Johannes-Kepler Gymnasium Ibbenbüren: Lea Bendfeld, Kristin, Jojo, Daniel, Henrike, Inga, Stefan, Anne, usw. dass ich leider hier nicht alle nennen kann. Danke für alle Liebe. Danke für unser Freundschaft dass wir zwischen grosse Distanz noch bauen kann. Ihr habt mir viele schöne Erfahrungen gegeben damit ich immer noch behalte um mich die Kraft Differenz zu verstehen immer haben. Wir haben zusammen erfahren dass die Liebe wirklich universal ist. Habe euch ganz doll lieb :)

25. Teman-teman Bayer Young Environmental Envoy 2007 yang terus menularkan idealisme yang tulus serta semangat tak berbatas untuk melestarikan bumi.

26. Tulang Nasir dan tim Kirani Carwash; Harry, Dian dan Muji di Kirani Shop and Drive, serta Tim Indomaret Kirani atas pengertian yang sangat luas serta kesabaran dan dukungan yang tanpa batas.

27. Teman-teman SMA 8 Jakarta dan SLTP 115 Jakarta. Terimakasih telah mewarnai jiwa dan akal saya dengan manis dan bersahaja. Pengalaman, pertemanan dan semangat yang dulu kita nafasi bersama adalah kekuatan yang masih saya bawa hingga kini. Semoga di masa depan kita bisa bersama-sama berkontribusi bagi pembangunan Indonesia dan perwujudan dunia yang lebih baik.

Penulis juga menghaturkan terima kasih yang dalam kepada semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu disini. Semoga Allah SWT telah menyiapkan balasan yang indah bagi semua pihak dimana Allah SWT telah menitipkan dan lalu menyampaikan banyak berkah dalam penyusunan skripsi saya ini.

Akhir kata, penulis memohon ampunan kepada Allah SWT atas setiap khilaf dan lupa yang dilakukan baik sengaja maupun tidak sengaja. Penulis juga memohon perlindungan dari Allah SWT atas setiap akal, rasa, pikiran, kata dan perbuatan yang ditulis dan dilakukan dalam skripsi ini maupun dalam proses pembuatannya. Sesungguhnya hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui. Semoga skripsi ini dapat bermafaat bagi semua yang membacanya.

Jakarta, 10 Agustus 2009
Penulis

(Rizki Nauli Siregar)

3 comments:

perjuangan kami said...

ha..ha..
gw sangat tersanjung ki..

semoga para sarjana dari FEUI, kampus perjuangan yang sangat kita cintai, dapat membawa negara Indonesia menjadi bangsa yang terhormat di kalangan internasional dan dapat berkontribusi positif bagi kemanusiaan.

penting bagi para sarjana baru seperti kita untuk menjadi problem solver bagi permasalahan dan realita jalanan yang sedang diderita bagsa ini. memanfaatkan kepasitas intelektualnya untuk menjadi bagian dari masyarakat. "keluar dari menara gadingnya dan menyentuh realitas", begitu kata arif budiman.

selamat ya ki..

Advanced International Economics at FEUI said...

hehhe.. you deserve it Keew :)

Unknown said...

Aku harus bersaksi tentang perbuatan baik dari Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Saya Husnah dan saya mengambil waktu saya keluar untuk bersaksi Ibu Amanda karena dia akhirnya menawarkan apa yang tidak ada orang lain bisa.
Saya dan suami saya masuk ke utang yang sangat besar dengan debitur dan Bank dan kami mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tetapi semua datang ke sia-sia. sebaliknya mereka membawa kita ke dalam lebih banyak utang dan berakhir meninggalkan kami bangkrut sampai saya datang di kontak dengan Ibu Amanda, Dia menawarkan saya pinjaman meskipun pada awalnya saya takut itu akan berakhir seperti setiap perusahaan pinjaman lain saya datang di tapi dia tidak seperti mereka. Sekarang kita telah akhirnya menetap utang kami dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa dari pinjaman.
Hubungi Ibu Amanda melalui salah satu email berikut. amandaloan@qualityservice.com atau amandaloanfirm@cash4u.com atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk arahan lebih lanjut ikmahusnah@gmail.com